INVESTIGASI SEMBURAN BUSUR LISTRIK PADA TRANSFORMATOR CSP

Transformator CSP telah dilengkapi dengan paket proteksi yang terintegrasi, termasuk kemampuan mengisolasi diri dari sistem bila mengalami kerusakan. Walaupun demikian, kerja dari sistem pengaman tidak selalu mulus, bahkan dilaporkan telah terjadi semburan busur listrik yang menyertai kerusakan beberapa transformator.

Laporan ini membahas penyebab timbulnya semburan busur listrik pada transformator CSP desain SPLN 95 : 1994 dan sebelumnya, serta aspek konstruksi dan komponen pengaman yang terkait dengan aktifitas busur listrik. Penyebab timbulnya busur listrik dikaji melalui studi literatur, sedangkan pemeriksaan laboratorium dilakukan pada sampel transformator rusak, bekas pakai, dan rekondisi, untuk melihat potensi berulang pada transformator eksisting.

Semburan busur listrik disebabkan oleh dua faktor: terjadi hubung-singkat dengannimpedansi rendah di dalam tangki dan ketahanan mekanikal sistem tangki yang tidak memadai. Peluang timbulnya semburan dipengaruhi oleh kondisi kawat antara busing dan pelebur primer, kinerja pelebur primer, kondisi dielektrik transformator, level hubung-singkat pada lokasi transformator terpasang, dan operasi re-enerjais. Upaya pencegahan terhadap semburan busur listrik yang terjadi pada transformator CSP memerlukan improvement pada desain ketahanan sistem tangki dan persyaratan komponen pengaman yang belum ditetapkan oleh SPLN 95 : 1994. Terhadap transformator eksisting yang berpotensi mengalami gangguan ini, disarankan menggunakan pengaman tambahan yang dipasang di luar transformator.


Penulis : Satyagraha A. Kadir, ST, Agung Fadillah, Febi Hadi No. Laporan : 07.LIT.2009 Tanggal : 18-06-2009 Jml. Halaman : 35

No comments:

Post a Comment