EVALUASI HASIL REKONDISI TRANSFORMATOR DISTRIBUSI

Dengan semakin banyaknya transformator distribusi yang rusak dan adanya pertimbangan efisiensi keuangan membuat rekondisi (perbaikan) transformator distribusi menjadi pilihan lain yang telah diterapkan oleh PLN. Beberapa keuntungan rekondisi transformator : biaya yang lebih murah, waktu kerja yang lebih singkat dan dapat memperoleh jaminan sebagaimana transformator baru. Namun berdasarkan pengalaman, transformator distribusi hasil rekondisi yang digunakan oleh PLN banyak mengalami kerusakan.

Laporan ini menyampaikan hasil penelitian tentang kinerja transformator distribusi hasil rekondisi. Metode yang digunakan mencakup kepada kajian literatur, pemeriksaan konstruksi dan pengujian laboratorium. Sebagai referensi untuk pengujian adalah SPLN 50:1997 dan SPLN D3.002-1:2007 sedangkan untuk evaluasi biaya dengan total owning cost .

Hasil pengujian dan pemeriksaan konstruksi yang dilakukan terhadap 11 sampel transformator rekondisi yang berasal dari 10 bengkel yang berbeda menunjukkan bahwa 9 transformator tidak memenuhi persyaratan standar. Evaluasi biaya dengan total owning cost dengan batasan umur pakai setelah rekondisi 10 tahun memperlihatkan transformator tidak layak direkondisi, kecuali untuk transformator 50 kVA dan 160 kVA dengan biaya rekondisi 30% dari harga baru.

Bila rekondisi transformator tetap ingin dilakukan karena alasan tertentu (misalnya karena keterbatasan dana pengadaan baru), maka perlu dilakukan perbaikan mutu, diantaranya dengan memperhatikan material pengganti yang digunakan, proses pengerjaan dan melakukan pengujian terhadap transformator hasil rekondisi.

Penulis : Haryo Lukito, ST., MT., Agung Fadilah, AMd No. Laporan : 24.LIT.2008 Tanggal : 19-11-2008 Jumlah Halaman : 44

No comments:

Post a Comment