Analisis Arus Induksi Geomagnetik dan aplikasinya

Badai geomagnetik telah menimbulkan masalah di jaringan tenaga listrik pada  sejumlah negara yang berdekatan dengan kutub magnet bumi, seperti di Amerika Utara dan Eropa Utara. Sebuah penelitian di Vietnam tahun 2008 melaporkan bahwa arus induksi geomagnetik (GIC) juga teramati pada jaringan tenaga listrik 500kV di Vietnam yang letaknya jauh dari kutub magnet bumi. Pada  tahun 2012-2013, diperkirakan aktifitas matahari kembali memasuki periode puncak, yang dapat menimbulkan badai geomagnetik.
Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, LAPAN bekerja sama dengan PLN melakukan kajian Pengaruh Badai Geomagnetik terhadap jaringan listrik. Hasil kajian ini diharapkan dapat memprediksi tingkat GIC yang mungkin terjadi, sehingga dapat dilakukan langkah-langkah antisipasi.
Laporan ini merupakan bagian awal dari studi tersebut dan meliputi kajian literatur, analisis korelasi data kerusakan transformator di PLN dengan data fluktuasi medan geomagnet, simulasi GIC di Transformator IBT 500/150kV, dan persiapan rencana pengukuran GIC. Pengukuran dan analisis GIC di jaringan PLN akan dilaksanakan pada kajian tahap berkutnya.
Hasil yang telah diperoleh pada kajian ini antara lain adalah:
  • Menurut literatur, arus induksi geomagnet akan menimbulkan kejenuhan pada transformator. Dampaknya, antara lain adalah derating transformator tenaga, meningkatnya pemanasan dan konsumsi VAR, serta salah kerja relai proteksi.
  • Berdasarkan analisis data fluktuasi geomagnet dari LAPAN dengan data kerusakan trafo tenaga PLN pada periode 2002 s/d 2009, belum terbukti adanya korelasi antara kerusakan trafo PLN dengan kejadian badai geomagnet.
  • Menurut simulasi, distorsi arus pada Transformator dipengaruhi oleh polaritas arus induksi geomagnet dan juga beban Transformator. Simulasi juga menunjukkan bahwa arus netral pada konduktor pembumian mengandung arus harmonik urutan nol.
Telah dibuat rencana pengukuran GIC  di instalasi PLN untuk persiapan kajian tahap berikutnya.

Penulis           : Ir. Anang Mawardi, MT,  Ir. Riam A. Wibowo,  Wahyudi, M.Eng,  Hendrik Maryono, ST
No. Laporan    : 28. LIT. 2010    Tanggal : 23 Desember 2010    Jml. Halaman : 39

No comments:

Post a Comment