Uji Coba Pengujian Pembusuran (Power Arc)

Laporan penelitian ini menyampaikan hasil studi tentang uji coba pengujian pembusuran (power arc) pada insulator tegangan menengah 20 kV. Sesuai Term Of Reference (TOR) No.15/LIT/BTND/2009 maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah fasilitas Laboratorium Hubung Singkat Duri Kosambi dapat dipergunakan untuk pengujian power arc, mendapatkan pengalaman bagi SDM PLN LITBANG dalam pengujian power arc dan mengetahui ketahanan pembusuran pada insulator 20kV. Adapun studi yang dilaksanakan melalui kajian literatur, pengujian laboratorium dan diskusi.
Kajian literatur dilakukan dengan menggali informasi dari bahan-bahan literatur berupa buku dan makalah ilmiah tentang pengujian pembusuran (Power Arc), terutama pada insulator. Pengujian laboratorium dengan membuat rancang bangun percobaan power arc pada kondisi tegangan rendah (400 V) dan tegangan menegah (20 kV).  Hal ini untuk mengetahui fenomena apa saja yang terjadi pada power arc pada kondisi tegangan yang berbeda sekaligus untuk mengetahui kemampuan Laboratorium Hubung singkat Duri Kosambi pada pengujian power arc.  Diskusi dilakukan untuk memastikan langkah-langkah dalam penelitian ini dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pengujian yang dilakukan.
Dari hasil pengujian diketahui bahwa laboratorium Hubung singkat Duri Kosambi mampu melakukan pengujian power arc pada kondisi tegangan rendah (400 V) dan tegangan menegah (20 kV), namun Laboratorium tersebut tidak dapat melakukan pengujian power arc seperti  yang tertuang di dalam IEC 61467, 2008 karena keterbatasan peralatan. Untuk hasil percobaan power arc kondisi tegangan rendah (400 V) dapat diketahui factor-faktor yang mempengaruhi timbulnya power arc. Sedangkan hasil percobaan power arc kondisi tegangan menegah (20 kV) dapat diketahui factor-faktor pemicu terjadinya power arc. Dan berdasarkan metode pengujian power arc tegangan menegah (20 kV) menggunakan fusible wire 0,1 mm ternyata bahwa tidak ada satupun sample insulator line post 20 kV yang di uji tahan terhadap pengujian power arc 20 kV, 1 kA selama 1500 ms.  Serta Berdasarkan pengujian power arc dengan konduktor dan fusible wire di pasang di atas atau di tengah insulator tetap menimbulkan kerusakan pada insulator.
Penelitian lebih mendalam tentang pengaruh power arc terhadap insulator 20 kV masih dapat dikembangkan lebih luas lagi, sebagai contoh adalah penelitian untuk mengetahui kekuatan elektris dari insulator tersebut setelah mengalami power arc.

Penulis   : Imam Ahmadi, ST, MEE, Haryo Lukito, ST, MT, Febi Hadi Permana, AMD, Handy Wihartady, ST, Msc
No. Laporan  :  09. LIT. 2010         Tanggal : 24 Juni 2010        Jml. Halaman : 33